Jauhi Anak dari Pengaruh Buruk Narkoba


Sabtu, 17 Mei 2008 – 14:02 wib

Chaerunnisa – Okezone

Foto : Corbis

ANAK merupakan titipan Tuhan yang harus dijaga, dirawat, dan dididik agar kelak dapat berguna bagi bangsa dan negara. Atau paling tidak, anak dapat berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Sementara itu, lingkungan pergaulan masa kini makin banyak ancaman terhadap keselamatan jiwa dan moral. Bahkan yang paling mengerikan adalah narkoba. Sekali terjerat, semua energi, perhatian dan tentu saja dana besar akan terserap untuk menyembuhkan mereka.

Nah, sebelum buah hati tercinta terjerat narkoba, sebaiknya Anda selaku orangtua harus mengetahui tanda-tanda seorang anak bila memakai narkoba. Menurut hal itu, Psikolog Rudangta Arianti Sembiring Psi, psikolog yang concern di bidang psikologi anak itu mengungkapkan bahwa mereka yang mulai terpengaruh buruk narkoba dapat diketahui dari tanda-tanda seringnya bohong, bengong dan nyolong.

“Berdasarkan penelitian, ternyata anak yang kena narkoba itu bisa dari berbagai kalangan. Baik dari keluarga broken home hingga harmonis. Sehingga memang sulit bagi orangtua mengupayakan berbagai pencegahannya. Tapi, ada beberapa hal yang dapat kita coba lakukan. Yang paling mendasar ialah kita harus tahu ciri-ciri orang yang kena narkoba itu seperti apa, sehingga kita bisa mendeteksinya sejak dini,” kata Rudangta kepada okezone saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Sabtu (17/5/2008).

Ditambahkan olehnya, anak yang mulai terpengaruh pergaulan buruk narkoba selalu butuh uang karena harus membeli obat-obatan tersebut. Terdesaknya kebutuhan untuk memeroleh uang, membuat mereka jadi pembohong. Sehingga permintaan uang untuk berbagai hal lebih meningkat dari biasanya.

“Misalnya saat mereka hanya membutuhkan uang per tiga bulan sekali, berubah menjadi satu bulan sekali. Atau bahkan, ada saja alasan mereka untuk memiliki barang yang diinginkan. Padahal, setelah dicek barang tersebut tidak dibelinya. Bahkan kalau sudah parah akan membuat mereka berani mengambil barang-barang berharga yang ada dirumah satu per satu,” papar psikolog lulusan Universitas Padjajaran itu.

Selain itu, perubahan fisik pun secara otomatis berubah drastis, berbeda dengan anak yang sehat. Salah satu ciri yang paling bisa diketahui ialah perubahan mata mereka yang selalu merah dan susah bangun tidur.

“Kalau memakai narkoba suntik, maka di lengannya akan terlihat bekas suntikan tersebut. Anak yang pakai narkoba pun kalau bicara selalu tidak nyambung,” beber staf pengajar di Universitas Kristen Satya Wacana itu.

Guna mencegah pengaruh buruk narkoba menjerat buah hati tercinta, maka peran keluarga, dalam menjauhkan mereka dari bahaya narkoba sangatlah besar. Hal yang paling penting dilakukan ialah selalu menjaga komunikasi yang baik.

“Artinya, dengan komunikasi yang baik akan membuat mereka merasa nyaman untuk sharing kepada seluruh anggota keluarga saat ada masalah. Jadi mereka tidak mencari lingkungan luar, karena dari keluarganya sendiri pun sudah dapat memberikan penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi,” imbuh wanita ramah ini.

Tak hanya itu saja, lanjut Rudangta, keterbukaan sebaiknya selalu diterapkan dan menjadi kebiasaan keluarga. “Selalu berusaha terbuka dengan keluarga akan membuat buah hati merasa nyaman saat ingin mengutarakan rasa keberatannya atau ketidaksetujuannya terhadap suatu hal,” jelasnya.

Pada tahap akhir, orangtua harus selalu waspada dan bersikap proaktif dalam menjaga dan mengawasi anak agar terhindar dari pengaruh narkoba. Caranya, rajin mengikuti berita agar dapat melakukan pencegahan.

“Tren penyebaran narkoba di kalangan anak-anak banyak menggunakan obyek permen. Untuk menghindari hal itu, maka sebaiknya orangtua membawakan bekal untuk anaknya agar tidak membeli sembarang jajanan yang bisa membahayakan keselamatannya,” tukas Rudangta. Bagaimana, sudahkah Anda mengawasi anak dari pengaruh buruk narkoba? (nsa)

http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/05/17/196/110125/jauhi-anak-dari-pengaruh-buruk-narkoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s